Segudang Manfaat Buah Mengkudu

RatuBuah.com - Buah Mengkudu atau yang sering kita dengar dengan buah noni, merupakan buah tropis yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini memiliki nama latin Morinda citrifolia atau keumeudee dalam bahasa Aceh dan cangkudu dalam bahasa Sunda.

Buah ini berwarna hijau dan banyak ditemukan di Australia, India, dan Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Buah ini biasanya dikonsumsi sebagai obat herbal dan suplemen.

Tanaman ini tumbuh pada ketinggian 1500 m. tinggi pohon mengkudu mencapai 3-8 m., memiliki bunga bongko berwarna putih. Buahnya merupakan majemuk, yang masih muda berwarna hijau mengilap dan memiliki totol-totol, dan ketika sudah tua berwarna putih dengan bintik-bintik hitam.

Beragam Nutrisi yang Terkandung dalam Buah Mengkudu

Karbohidrat

Protein

Gula

Vitamin c

Vitamin E

Biotin

Float

Magnesium

Kalium

Kalsium

Buah mengkudu juga kaya akan antioksidan, seperti flavonoid, saponin, serta berbagai zat yang memiliki sifat antiradang dan antibakteri.

Selain dapat mengobati berbagai jenis penyakit, mengkudu juga dipercaya dapat melembabkan kulit dan menyamarkan kerutan pada wajah.

Khasiat Buah Mengkudu

Berikut adalah beberapa manfaat kesehatan dari buah mengkudu:

Sebagai Obat Radang Sendi atau Arthritis. Buah mengkudu memiliki sifat analgesic yang membuat dapat membantu meredakan rasa sakit dan mengurangi kerusakan sendi.

Melindungi Kesehatan Jantung

Buah mengkudu menenangkan sel-sel otot polos dengan member efek pelebaran pembuluh darah. Dengan mengkonsumsi olahan mengkudu, aliran darah yang dihasilkan akan lebih baik lagi. Buah ini memberikan efek vasodilatasi yang dapat membantu mengatur tekanan darah.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Salah satu manfaat buah mengkudu yang tidak kalah penting adalah untuk memperkuat daya tahan atau sistem imunitas tubuh karena buah ini kaya akan vitamin C.

Melindungi Resiko Asam Urat

Asam urat adalah sejenis radang sendi yang disebabkan oleh penumpukan Kristal asam urat di persendian. Buah ini dipercaya juga dapat mengurangi konsentrasi asam urat dalam darah.

Melembabkan Kulit

Karena memiliki antioksidan yang tinggi, buah ini sangat baik untuk kesehatan kulit. Buah ini dapat dijadikan sebagai lulur dan dapat menutrisi kulit yang kering.

Cara Mengolah Buah Mengkudu

Berikut adalah cara mengolah buah mengkudu menjadi sajian yang lezat:

Salad Mengkudu

Sama seperti buah lain, mengkudu juga bisa dinikmati dalam bentuk salad. Caranya yaitu potong mengkudu bersama buah lainnya kecil-kecil. Tambahkan juga potongan bawang bombai, tomat dan kamu bisa taburkan bumbu black pepper diatasnya.

Jus Mengkudu

Salah satu cara mengolah buah mengkudu paling mudah yaitu dengan menyajikannya dalam bentuk jus dengan perpaduan blewah, akan memberikan sensasi rasa segar caranya cuci dan potong buah lalu masukkan ke belender. Tuangkan air matang dan tambahkan madu secukupnya untuk memberikan rasa manis.

Bahaya Buah Mengkudu

Dibalik ragam khasiat buah mengkudu, buah ini diketahui dapat menimbulkan efek samping, seperti sakit perut, diare, pusing, dan sakit kepala. Penggunaan jus atau ekstrak buah mengkudu yang berlebih dapat menyebabkan kerusakan pada hati.

Selain itu, mengkudu juga tinggi akan kalium dan harus dihindari oleh orang dengan penyakit ginjal dan jantung. Buah ini tidak disarankan untuk dikonsumsi bagi mereka yang sedang menjalani pengobatan diuretic hemat kalium.

Demikian pula jika kamu memiliki gangguan pendarahan atau sedang mengonsumsi obat pengencer darah seperti warfarin atau clopidogrel, karena mengkudu dapat memperlambat pembekuan darah.

Karena rasa pahit dari buah mengkudu, seringkali kita membutuhkan banyak gula untuk melawan rasa pahitnya. Jika jus mengkudu ditambah gula berlebih, maka pengidap diabetes harus berhati-hati dalam mengonsumsinya.

Selain itu, buah mengkudu sebaiknya tidak digunakan oleh ibu hamil, ibu menyusui, atau anak-anak, karena buah ini dapat berinteraksi dengan obat perawatan lain, seperti fenitoin, enzim hati, obat-obatan kemoterapi dan terapi radiasi.

Sekian fakta dan manfaat buah mengkudu, apakah kamu tertarik mencobanya?

ARTIKEL REKOMENDASI